Manajemen Pengelolaan Masjid

Artikel terkait : Manajemen Pengelolaan Masjid

Manajemen Pengelolaan Masjid


Bagaimana cara mengurus/ mengelola masjid?
Bagaimana agar masjid membawa keberkahan bagi ummat?

Pengelola masjid, pengurus masjid, itu bekerja untuk Allah. Majikannya Allah. Jadi Allah sendiri yang akan memberinya gaji. Allah sendiri yang akan membalas pekerjaannya. Ini adalah hal pertama yang harus diyakini. Sehingga saat kita mengurus masjid, itu kita sama sekali tidak mengharap apapun dari selain-Nya.

Pengurus masjid itu adalah pekerjaan mulia. Bukan uang yang dicari. Namun ini adalah pengabdian kepada Allah. Melayani jamaah, para tamu Allah. Ini yang perlu digaris bawahi. Melayani jamaah.

Dalam mengurus masjid yang sering menjadi kesalahan adalah para pengurus merasa sebagai pemilik masjid, menguasai masjid sendirian. Jadi pernah ada kejadian. Orang shalat di masjid, mampir shalat dhuha. Malah dipentelengi, dilihatin terus dengan tatapan curiga was-was. Nah sebenarnya masjid ini milik siapa? dibangun untuk apa?

Banyak masjid dibangun bagus dan megah, namun jamaahnya tidak dipikirkan. Banyak masjid terus menumpuk uang infak. namun orang yang menjadi tetangga masjid kehidupannya sulit. Hal inilah yang menjadi jarak antara masjid dan masyarakat.

Pengurus masjid itu yang harus dilayani adalah jamaahnya. Pun pembangunan masjid dilakukan dalam rangka melayani jamaah. Melayani ummat. Dengan ini masjid membawa keberkahan bagi ummat.

Kita, masyarakat membangun masjid. Niscaya masjid membangun masyarakat.

Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN