Memberi Makan dan Masuk Surga #ICB #ICBAksi

Artikel terkait : Memberi Makan dan Masuk Surga #ICB #ICBAksi

memberi makan dan masuk surga icb aksi baitul maal cawas

Hari ini, Ahad 30 April 2017 adalah hari pelepasan anak-anak kelas 3 ICB dan ICBAksi. Diisi sharing oleh seorang tamu, Seorang blogger dan juga mualaf. Acara ini diakhiri dengan makan-makan.

Hanya 41.000 rupiah bisa kami gunakan untuk makan bersama. Sangat cukup. Malah masih; makanannya dan minumnya belum habis. Gorengan, nasi, gudangan dan teh belum habis. Terasa barokah.(Bayangankan 41.000 untuk 34 orang!)

Apa hubungannya antara memberi makan dan masuk surga? 
Memberi makan adalah salah satu amalan yang mengantarkan kita kesurga. Hal ini berdasar hadits Nabi Shalallahu'alaihiwasallam yang direkam dan diceritakan oleh sahabat Abdullah bin Salam;


عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَلَامٍ قَالَ: لَمَّا قَدِمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِيْنَةَ ، اِنْجَفَلَ النَّاسُ إِلَيْهِ ، وَقِيْلَ : قَدِمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَجِئْتُ فِي النَّاسِ لِأَنْظُرَ إِلَيْهِ ، فَلَمَّا اسْتَبَنْتُ وَجْهَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَرَفْتُ أَنَّ وَجْهَهُ لَيْسَ بِوَجْهٍ كَذَّابٍ ، فَكَانَ أَوَّلَ شَيْءٍ تَكَلَّمَ بِهِ أَنْ قَالَ: (( يَا أَيُّهَا النَّاسُ ، أَفْشُوْا السَّلَامَ ، وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ ، وَصِلُوْا الْأَرْحَامَ ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ ، تَدْخُلُوْا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ )).

Dari ‘Abdullah bin Salâm, ia berkata: “Ketika Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam (karena ingin melihatnya). Ada yang mengatakan: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong. Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah, ‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.”

Hadits diatas diriwayatkan oleh Tirmidzi (nomor 2485); Ibnu Mâjah (no. 1334 dan 3251); al-Hâkim (III/13); ad-Dârimi (I/340) dan Ahmad (V/451)

Memberi makan merupakan merupakan Akhlak Mulia, memberi pada yang membutuhkan atau memberi pada tamu sebagai penghormatan. Hal inilah yang akan menurunkan rahmat dan barokah dari pemilik langit. Serta menghantarkan kita pada surga-Nya.
memberi makan dan masuk surga icb aksi baitul maal cawas
sharing #nyumbang ilmu

memberi makan dan masuk surga icb aksi baitul maal cawas
peserta termuda^^ #kirana

Penghormatan kita pada tamu dan kasih sayang kita pada orang-orang yang lemah adalah Akhlak yang agung. Pertahankanlah!

Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN