Tentang Meminta Bantuan

Artikel terkait : Tentang Meminta Bantuan

Tentang Meminta Bantuan

Meminta bantuan adalah hal yang lumrah dalam kehidupan kita. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Tak ada orang yang bebas dari bantuan orang lain.

Bisa jadi kita kita memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun untuk pekerjaan lain kita butuh bantuan orang lain. Bisa jadi kita bisa memasak sendiri, namun berasnya dari sawah orang lain. Bisa jadi kita punya sawah, namun tenaga pengelolanya orang lain. Termasuk blog ini, ini pun bantuan dari orang lain.

Yang jadi masalah adalah ada orang yang begitu mudah meminta-minta meski saat mereka tidak begitu butuh dan mereka mampu meski tanpa dibantu. Padahal kadang yang dimintai malah lebih butuh bantuan.

Namun tidak semua orang mau minta bantuan saat mereka butuh. Entah malu atau sekedar gengsi. Gengsi berangkat dari sifat sombong, merasa merasa orang lain lebih rendah dari dirinya. Tidak mau saling membantu dengan orang sekitar.

Adapun malu adalah karena menjaga muruah (harga diri) dari meminta-minta. Kalau hanya makanan, Mereka rela makan seadanya asal halal. Kalau soal baju, mereka rela memakai baju yang kusam dan tambal-tambalan asal menutup aurat. kalau tidak ada makanan, sebagian dari mereka bahkan rela puasa meniru junjungan mereka, Nabi Muhammad Sallallahu'alaihiwasalam.

Tiga jenis orang ini ada, hidup disekitar kita. Dan jenis orang ketiga, yang menjaga muruah, adalah yang paling pandai menyembunyikan rasa butuh mereka. Hanya orang-orang ikhlas yang diberi bashirah oleh Allah yang mampu merasakan kesulitan mereka.

Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN