Rihlah Pelajar : pembekalan lulusan SMK dan SMP 2017 ICB baitul maal ahmad dahlan cawas

Artikel terkait : Rihlah Pelajar : pembekalan lulusan SMK dan SMP 2017 ICB baitul maal ahmad dahlan cawas

RIHLAH PELAJAR pembekalan lulusan SMK dan SMP 2017 di sabdo palon sukoharjo baitul maal ahmad dahlan cawas

Cawas, 01/05/2017. Hari ahad ini adalah pembekalan kedua (ICB kelas 3). Dalam bentuk rihlah pelajar. Rihlah pelajar adalah semacam piknik untuk pelajar. Refreshing namun juga belajar.

Tujuan kali ini adalah Sabdopalon, sebuah pabrik jamu, Sukoharjo. Melihat peternakan dan perkebunan di pabrik jamu sabdopalon. Dipandu oleh bapak Sarijo (Guru MIM Program Inovasi), dan Ibu dokter Ukis (Tuan rumah).

Kandang bukanlah tempat yang buruk. Banyak yang kami pelajari disana. Untuk mengurus ratusan hewan ternak (sapi dan kambing). Ternyata bila tahu caranya bisa sederhana. Dan waktu yang dibutuhkan pun sedikit. Bahkan kandang pun tidak bau pesing. 

Ada keterangan tentang hewan ternak dalam kitab suci. Berikut ini adalah beberapa ayat-ayat tentang hewan ternak
“Dan diantara hewan-hewan ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada pula yang untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepada mu, dan janganlah kamu mengikuti langkah –langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”
Al-an'am  ayat :142

Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang dia berikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”
Al-hajj ayat: 28

Dan kebun bukanlah tempat yang pantas kita abaikan. Karena dengan mengolahnya dengan baik kita bisa lebih mandiri. Mencukupi kebutuhan pangan kita sekeluarga, bahkan lebih sehat. Bila lahan kita terbatas kita bisa menggunakan pot-pot sebagai media berkebun sayur dan bumbu dapur.

Berikut adalah keterangan kebun dalam Al-quran;
Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).
An-naml Ayat: 60

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.
Al-an'am Ayat: 99

Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN