Apa Yang Kamu Inginkan?

Artikel terkait : Apa Yang Kamu Inginkan?



Perkara keinginan adalah hal yang lumrah bagi manusia. Keinginanlah yang membuat hidup manusia bergerak. Namun keinginan itu harus kita arahkan, karena selain bisa membawa kebaikan ia juga bisa menimbulkan keburukan.

Mari kita baca kandungan 2 ayat ini;

Barangsiapa menginginkan kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.
al-isra 18

Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik
al-isra 19

Perhatikanlah apa yang kamu inginkan? Apa yang menjadi tujuan mu? itu akan membawamu pada salah satu dari dua tempat. Neraka atau surga.

Imbas dari keinginan itu bukan hanya di akhirat, namun Allah juga menampakkannya di dunia. Dalam keterangan sebuah hadits; dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu'anhu, ia mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ ، فَرَّقَ اللهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ِ، وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ ، وَمَنْ كَانَتِ الْآخِرَةُ نِيَّـتَهُ ، جَمَعَ اللهُ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ غِنَاهُ فِيْ قَلْبِهِ ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ.

Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allâh akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allâh akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. ”

Inilah keterangan dari Allah dan dari rasulullah. Semoga Allah menganugrahkan kita KEINGINAN yang baik dan membimbing kita pada kebaikan.





Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN