Shalat isyak dan subuh berjamaah

Artikel terkait : Shalat isyak dan subuh berjamaah


“Seandainya manusia mengetahui pahala dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain dengan diundi, tentu mereka saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui pahala pada At-Tahjir ( menuju shalat lebih awal ), tentu mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan sendainya mereka tahu pahala dalam shalat isya dan subuh, tentu mereka akan mendatangi keduanya walaupun harus merangkak “
HR. Bukhari

Dengan keterangan dalam hadist ini. Kita menunggu apa lagi?? Jelas sekali Nabi mengatakan Seandainya manusia mengetahui. Seandainya mereka mengetahui. Seandainya mereka tahu.
Sampai 3 kali kalimat ini diulang-ulang, seolah olah beliau sangat menyayangkan; kalau manusia meninggalkan amalan-amalan ini, khususnya shalat isya’ dan subuh.

Yakinlah, Allah pasti telah memperlihatkan pada nabi, pahala dan balasan bagi manusia yang mau melaksanakan shalat isyak dan subuh secara berjamaah. Karena itulah beliau sampai mengulang-ulang kata 'seandainya' dalam pesannya.

Salah satu keutamaan dalam melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid yaitu akan mendapatkan jaminan dari Allah SWT. Diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan jaminanNya. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat subuh , Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka”
HR. Muslim.

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.”HR. Muslim



Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN