10 PERSIAPAN MENGAHADAPI RAMADHAN

Artikel terkait : 10 PERSIAPAN MENGAHADAPI RAMADHAN

 



1. Sadar ramadhan sudah dekat.

Jangan lupa bahwa semua moment itu perlu persiapan. Apalagi moment ramadhan. Ibarat orang mau ujian sekolah saja butuh persiapan kalau mau sukses UJIANnya (dapat materi dulu, mengulang pelajaran, berlatih dan bahkan sebagian ikut les). Maka disini sudah fahamkan pentingnya  'SADAR'?, agar persiapan bisa maksimal. Dan Ramdhan kita sukses.

2. Jangan Lupa Mengganti Puasa Tahun Lalu

Khusus untuk sahabat semua yang punya hutang puasa. Jangan sampai ketemu bulan ramadhan masih punya hutang puasa ramadhan tahun lalu. Harus segera dilunasi

3. Perbanyak Istighfar

Bagi yang malah mengeluh atau tidak merasa gembira. Coba istighfar yang banyak deh, biar dosa-dosanya berguguran dan hatinya mulai lunak. Agar persiapan Ramadhannya mantap dan makin semangat dalam beramal. 

4. Latihan Puasa

Karena sebentar lagi puasa, untuk sahabat merasa berat atau tubuh biar tidak kaget bisa mulai membiasakan puasa sunnah. Dimulai dengan puasa Senin-Kamis, kalau udah terbiasa bisa dilanjutkan dengan puasa Daud. Hal ini untuk membiasakan diri kita saat memasuki ibadah puasa selama sebulan nanti. Tentu berbeda orang yang terlatih puasa dan tidak. 

5. Perbanyak Baca Al-Quran

Mulai dari sekarang tambahlah intensitas dalam membaca Al-Quran. Apalagi untuk sahabat yang sudah lama tidak menyentuh Al-Quran ini penting sekali. Ramadhan disebut juga bulan Al-Quran. Jangan sampai kita lewatkan hari-hari di bulan itu tanpa membaca Al-Quran.

6. Kenali Lawan Terberatmu

Tips persiapan Ramadhan yang selanjutnya adalah, kenali lawan terberatmu. Lawan  terbesar kita itu adalah kebiasaan buruk dan tidak bermanfaat di luar Ramadhan. Kalau ada yang dari pagi sampai pagi lagi kerjaannya adalah marathon nonton drama korea, coba mulai dikurangi. Kalau ada yang banyak tidur, mulai juga dikurangi. Kebiasaan ghibah dan gosip apalagi. Persiapkan dirimu dengan baik demi kebaikan puasamu nanti. 

7. Bersihkan Fitur Explore Instagram (Bersihkan Medsosmu)

Ini tips untuk sahabat-sahabat yang masih muda, hayo siapa yang pernah kaget karena tiba-tiba melihat hal-hal yang tidak ingin ditemukan pada fitur jelajah instagramnya? Hal ini bisa saja terjadi karena algoritma pada Instagram mendeteksi postingan-postingan seperti apa yang menarik perhatian kita. Algoritma tersebut berdasarkan pada seberapa lama kita melihat sebuah postingan dan seberapa sering berinteraksi dengan sebuah topik yang ditemukan di Instagram.

Nah, saat IG mengetahui bahawa kita sering melihat dan menyukai sebuah postingan, fitur jelajah kita akan mulai dipenuhi oleh postingan-postingan serupa. Untuk persiapan ramadhan yang lebih baik, mulailah melihat dan menyukai postingan bermanfaat di Instagram dari sekarang. Sehingga saat Ramadhan nanti apa yang kamu lihat di IG tidak akan merusak nilai puasa. Kamu bisa follow, like, share dan save konten-konten seperti motivasi, kajian, dan bacaan bermanfaat lainnya. Sehingga fitur explore kamu akan berisi hal-hal yang bermanfaat.

9. Berinfak dan Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Hilangkan sifat bakhil untuk berinfak, karena infak itu juga akan kembali pada kita. Tidak perlu besar, kecil pun tidak apa-apa. Untuk melatih mental dan hati kita. Tanpa dilatih mengeluarkan infak itu berat meski kita sudah kaya. Dan berbuat baik kepada orang itu juga akan merupakan persiapan yang terbaik, untuk melunakkan dan membersih hati kita. Sehingga mudah menerima kebaikan termasuk kebaikan yang besar di bulan ramadhan.

10. Shalat Berjamaah dan Ibadah Sunnah

Kalau biasanya hadir di masjid hanya saat shalat jumat, persiapan ramadhan kesepuluh ini bisa dilakukan dengan membiasakan untuk shalat 5 waktu di masjid mulai dari sekarang. Kerjakan shalat sunnah sebelum dan setelah shalat wajib, berdzikir dan tilawah. Banyak kok ibadah-ibadah sunnah yang bisa dilakukan. Ingat ya sahabat, ibadah sunnah ketika Ramadhan itu nilainya sama kayak amalan wajib. (pdlssm)


Artikel Baitul Maal Ahmad Dahlan Lainnya :

0 comments:

Post a comment

Copyright © 2017 Baitul Maal Ahmad Dahlan - All Right Reserved | Edited By AAN